Tentang Kami

Visi Jejak Pulang adalah sebuah planet yang dihuni oleh primata baik manusia maupun selain manusia. Proyek penyelamatan dan rehabilitasi kami akan membantu para orangutan asuh untuk belajar kemampuan inti dalam bertahan hidup, sehingga mereka dapat kembali ke habitat alami mereka.

Pelajari lebih lanjut tentang Jejak Pulang

Orangutan di Yayasan Jejak Pulang, Pelajari lebih lanjut tentang program kami, dan ketahui siapa di balik Yayasan Jejak Pulang

Orangutan di Yayasan Jejak Pulang

Orangutan di Yayasan Jejak Pulang (YJP)


Orangutan di YJP adalah mereka yang lahir di alam liar, dipelihara secara ilegal atau korban konflik dengan manusia. Berada di YJP untuk proses rehabilitasi sebelum kembali ke habitat aslinya.

Program kami

Fokus Utama


Tujuan utama kami adalah penyelamatan dan rehabilitasi serta perlindungan habitat orangutan. Menyelaraskan proses rehabilitasi dengan proses perkembangan anak yang alami, mulai dari tahap asuhan ketika bayi, sekolah hutan, hingga akademi hutan. Pelajari lebih lanjut!
 

Tim Jejak Pulang

Tim Jejak Pulang


Program ini didirikan pada tahun 2017. Tim lapangan kami memiliki pengalaman dan dedikasi untuk mendukung penuh proses perkembangan orangutan.
Apakah kamu ingin menjadi bagian dari kami?

Berkenalan dengan beberapa Orangutan di Yayasan Jejak Pulang

Saat ini terdapat 13 individu orangutan dalam asuhan kami. Ikuti terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Orangutan Amalia sedang makan
Orangutan Amalia
Amalia datang ke pusat rehabilitasi kami pada tahun 2017, pada usia sekitar 6 tahun. Sebagai orangutan tertua di Jejak Pulang, ia merupakan orangutan yang paling dewasa. Ia merupakan orangutan yang mandiri dan kompeten untuk hidup di hutan, maka dari itu, ia menjadi kandidat pertama yang akan mulai pindah ke lokasi rilis. Kawan terdekatnya adalah Eska, sehingga mereka akan sering terlihat bersama, bahkan terkadang berbagi sarang.
Bayi orangutan Gerhana
Orangutan Gerhana
Gerhana diselamatkan pada tahun 2018. Ia menunjukkan perkembangan yang luar biasa, karena sebelumnya ia sangat kekurangan gizi, namun sekarang tumbuh menjadi orangutan muda yang sehat. Gerhana biasanya menjadi orangutan termuda dalam kelompok bermainnya, sehingga ia sering harus mengalah. Namun, setelah ia banyak menghabiskan waktu dengan penjaga dan pengasuhnya yaitu Jaka dan Naomi, ia mulai bisa bermain dengan orangutan yang lebih muda, dan belajar untuk mandiri.
Orangutan Kartini
Orangutan Kartini
Kartini diselamatkan pada tahun 2018, perkiraan usianya pada saat itu adalah 2 tahun. Kartini datang secara langsung dari alam liar, yang membuatnya sulit untuk percaya dengan manusia. Ia tumbuh bersama Tegar dan Gonda, namun sebelumnya ia suka bersama dengan Gerhana. Sekarang, Kartini lebih tertarik untuk belajar tentang kemampuan bertahan hidup di hutan dari Amalia, Orangutan tertua di Sekolah Hutan.

Upacara hari pendirian Yayasan Jejak Pulang

Jejak Pulang menjadi rumah bagi orangutan hasil penyelamatan selama beberapa tahun ini. Foto ini merupakan foto kegiatan pada hari pendirian Yayasan Jejak Pulang pada tahun 2018.

Kegiatan pada Pendirian Yayasan Jejak Pulang

Ingin tahu lebih lanjut?

Silahkan hubungi kami melalui email: contact@jejak-pulang.or.id 

Orangutan digendong pengasuh

Ingin bergabung dengan kami?

Ketahui lebih lanjut dan siapkan dirimu untuk tantangan yang menarik!

Lowongan Pekerjaan

Pencarian